Wednesday 29 September 2010

A tribute for Vivian Leigh (1913 - 1967)


Untuk semua pengakuan dan popularitasnya sebagai bintang, Vivien Leigh, lahir dengan nama  Vivien Maria Hartley pada tanggal 5 November 1913 di Darjeeling, India, Pada tahun 1917, Ernest Hartley dipindahkan ke Bangalore, sementara Gertrude dan Vivian tinggal di Ootacamund , Vivian Hartley membuat penampilan panggung pertama pada usia tiga,. melafalkan "Little Bo Peep" untuk kelompok teater amatir ibunya. Gertrude Hartley mencoba untuk menanamkan dalam diri putrinya apresiasi sastra dan memperkenalkannya kepada karya-karya Hans Christian Andersen, Lewis Carroll, dan Rudyard Kipling, serta cerita-cerita dari mitologi Yunani dan cerita rakyat India. Seorang anak tunggal, Vivian Hartley dikirim ke Biara Hati Kudus di Roehampton, Inggris, (sekarang Woldingham Sekolah) pada tahun 1920 pada usia enam tahun ,Salah satu dari teman-temannya di sekolah biara adalah aktris Maureen O'Sullivan dimana suatu saat nanti ,kepada dialah Leigh akan menyatakan keinginannya untuk menjadi "seorang aktris besar".


Vivian Hartley telah keluar dari sekolah oleh karena ayahnya, yang akhirnya mengambil langkah untuk pindah di Eropa; dan mencoba untuk sekolah disana , kembali ke Inggris pada 1931. Dia menghadiri salah satu film Maureen O'Sullivan bermain di West End London dan dia berkata kepada kedua orang tuanya bahwa dia berambisi  untuk menjadi seorang aktris. da akhirnya Ayahnya mendaftarkannya di Royal Academy of Drama Seni di London.

Vivian akhirnya  bertemu (Herbert) Leigh Holman pada tahun 1931. Leigh Holman adalah seorang pengacara 13 tahun lebih tua dari vivian.  mereka menikah pada tanggal 20 Desember 1932, dan berakhir juga  pendidikannya di Rada. Pada tanggal 12 Oktober 1933, ia melahirkan seorang putri, Suzanne, tidak menyurutkan niatnya untuk menjadi seorang artis. Teman-temannya menyarankan dia  untuk mengambil peran kecil dalam film Things Are Looking Up, yang merupakan debut film pertamanya. Dia mempunyai agen, John Gliddon, yang menyarankan vivian untuk berganti nama sebab nama "Vivian Holman" tidak cocok untuk seorang aktris. akhirnya  ia berganti nama menjadi  "Vivian Leigh" sebagai nama profesionalnya. Seharusnya Gliddon menyarankan untuk mengganti namanya menjadi Alexander Korda sebagai nama aktris film, namun ditolaknya karena beranggapan nama Korda kurang potensial.

film yang dibintanginya sekitar 20 film 1935-1965. Kebanyakan dari mereka dibuat pada 1930-an. hidup Ms Leigh relatif singkat (dan karir) memang serangkaian naik turun, anehnya mencerminkan manik-depresi (sekarang dikenal sebagai gangguan bipolar) .


Bermain dalam film The Mask of Virtue di tahun 1935  Vivian Leigh mendapatkan sambutan yang sangat baik dari masyarakat  diikuti dengan publikasi  wawancara yang diulas di berbagai surat kabar dijamannya. Salah satu ulasan tersebut berasal dari Daily Express, di mana wawancara mencatat "perubahan kilat datang wajahnya", yang menyebutkan bahwa sosoknya yang cantik langsung merebak cepat menjadi  ketenaran yang terpancar dari wajahnya. John Betjeman, masa depan Penyair Nobel, juga mengakui dan menulis tentang dia, Dia  menggambarkan dia sebagai "esensi dari masa gadis Inggris" yang sangat anggun dan lembut.

Di sisi lain yang terbesar dari hidupnya, dia menikah dengan kekasih yang besar dalam hidupnya dan salah satu aktor terbaik di dunia, Sir Laurence Olivier, dan bermain akting dengan dia di panggung Inggris selama 20 tahun. Dia memenangkan Academy Award untuk Aktris Terbaik untuk perannya dalam salah satu film paling populer yang pernah dibuat, Gone With the Wind, sebuah peran yang dia pada dasarnya "beruntung" menjadi sebagai diketahui relatif, mengalahkan beberapa aktris Hollywood tenar lainnya pada jamannya. Dia memenangkan Oscar kedua untuk perannya dalam A street Car Named Desire, muncul bermain akting dengan sang super star " Marlon Brando" dan Ia secara luas dianggap sebagai salah satu aktris yang paling indah di dunia.

Vivien Leigh dianggap salah satu yang paling aktris cantik dijaman keemasan Hollywood, dan managernya selalu menekankan ini di sebagian besar film-nya. Ketika ditanya apakah dia percaya kecantikannya telah mulai sirna, dia berkata, "orang berpikir bahwa jika Anda melihat dapat melihat dengan cukup jelas, Anda tidak mungkin tahu, dan ketika aku hanya mempedulikan akting, saya rasa keindahan bisa menjadi sirna sama sekali  jika Anda benar-benar ingin terlihat seperti peran yang Anda sedang mainkan, yang belum tentu anda bisa menjadi sepenuhnya seperti itu.


George Cukor berkomentar bahwa Leigh adalah seorang aktris yang  sempurna, dan sangat dekat dengan yang namanya keindahan",dan Laurence Olivier mengatakan bahwa kritikus harus "memberikan penilaian kepada dia untuk menjadi seorang aktris dan tidak berlanjut selamanya membiarkan penilaian mereka akan keindahan padanya." Garson Kanin berbagi sudut pandang mereka dan menggambarkan Leigh sebagai "seorang wanita yg menarik perhatian yang menggairahkan".

Vivian Leigh menjelaskan bahwa dia bermain "dengan peran peran yang berbeda sebanyak mungkin" dalam upaya untuk belajar akitng dan untuk menghilangkan prasangka tentang kemampuannya. Dia percaya komedi yang lebih sulit untuk diperankan daripada drama karena membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mempelajari dan mengatakan bahwa lebih banyak penekanan yang harus ditempatkan pada komedi sebagai bagian dari pelatihan aktor. Menjelang akhir kariernya, yang berkisar dari komedi Noël Coward untuk tragedi Shakespeare, ia mengamati, "Ini jauh lebih mudah untuk membuat orang menangis daripada membuat mereka tertawa." 

perjalanan pertamanya dalam menekuni dunia akting membawa kesuksesan di Inggris, tetapi dia tetap belum dikenal di dunia sampai pelepasan film  Gone with the Wind. Pada bulan Desember 1939, New York Times menulis, "Miss Leigh Scarlett akhirnya melonjak keras lewat karirnya yang mulai naik keatas.dan sebagai ketenarannya meningkat, ia tampil di sampul majalah Time sebagai Scarlett. Pada tahun 1969, kritikus Andrew Sarris berkomentar bahwa keberhasilan film telah sebagian besar disebabkan oleh "peran yang menginspirasi" dari Leigh,dan pada tahun 1998 menulis bahwa "dia tinggal dalam pikiran kita dan kenangan sebagai kekuatan dinamis, bukan sebagai kehadiran statis. "Leonard Maltin menggambarkan filmnya sebagai salah satu Film terhebat sepanjang masa, ditulis pada tahun 1998 dimana vivian Leigh" sangat  brilian dalam memainkan "perannya dalam film Gone With The Wind.

disisi lain dalam hidupnya yg paling menyedihkan, ia menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di sekolah biara, di mana ia dilaporkan sangat kesepian (walaupun dia mengembangkan persahabatan dengan Maureen O'Sullivan), kemudian mengalami gagal perkawinan yang dimulai pada usia yang terlalu dini . perkawinan kedua-nya, untuk Olivier, juga berakhir dengan perceraian, pada tahun 1960. Dia berjuang dengan alkoholisme dan penyakit mental yang paling menyiksa dalam hidupnya, dia juga adalah seorang perokok berat, dan meninggal karena tuberkulosis pada usia muda 53.

Dipuji karena kecantikannya, Leigh merasa bahwa kadang-kadang karir artisnya sering dianggap terlalu serius sebagai seorang aktris. Namun, kesehatan yang buruk terbukti menjadi kendala terbesarnya. Untuk sebagian besar hidupnya dewasa Leigh ditangani dengan gangguan bipolar . Dimasa sulitnya dia dianggap sulit untuk bekerja dengan siapa pun, dan karirnya juga mengalami penurunan drastis. Dia juga mengalami serangan berulang dari TB kronis, pertama didiagnosis di pertengahan 1940-an. Juga untuk percintaannya mengalami kendala Leigh dan Olivier bercerai pada tahun 1960, dan ia bekerja secara sporadis dalam film dan teater sampai kematiannya dari TB pada tahun 1967.

 


Documentary Of vivian leigh

part 1


Part 2


Part 3


Part 4


Part 5


Part 6


I love Vivian leigh so much, she is a great star :)

Vivian Leigh List Movie :
1965
Ship of Fools
Mary Treadwell

1961 The Roman Spring of Mrs. Stone
Karen Stone

1959 ITV Play of the Week (TV series)
Sabina (1 episode)
– The Skin of Our Teeth (1959) … Sabina

1955 The Deep Blue Sea
Hester Collyer

1951 A Streetcar Named Desire
Blanche DuBois

1948 Anna Karenina
Anna Karenina

1945 Caesar and Cleopatra
Cleopatra

1941 That Hamilton Woman
Emma Lady Hamilton

1940 Waterloo Bridge
Myra

1940 21 Days Together
Wanda

1939 Gone with the Wind
Scarlett

1938 Sidewalks of London
Liberty 'Libby'

1938 A Yank at Oxford
Elsa Craddock

1937 Storm in a Teacup
Victoria 'Vickie' Gow

1937 Dark Journey
Madeleine Goddard

1937 Fire Over England
Cynthia

1935 The Village Squire
Rose Venables

1935 Look Up and Laugh
Marjorie Belfer

1935 Gentlemen's Agreement
Phil Stanley

1935 Things Are Looking Up
Schoolgirl (uncredited)

1 comment: